Robert Shaw Melakukan Debut Panggung Profesionalnya Pada Tahun 1949

Robert Archibald Shaw lahir pada tanggal 9 Agustus 1927, di Westhoughton, Lancashire, Inggris, anak tertua dari Doreen Nora (Avery), seorang perawat, dan Thomas Archibald Shaw, seorang dokter. Kakek dari pihak ayah adalah orang Skotlandia, dari Argyll. Ibu Shaw, yang lahir di Piggs Peak, Swaziland, bertemu ayahnya saat dia menjadi perawat di sebuah rumah sakit di Truro, Cornwall. Ayahnya seorang pecandu alkohol dan manic depressive; dia bunuh diri ketika Robert baru berusia 12 tahun. Dia memiliki tiga saudara perempuan—Elisabeth, Joanna dan Wendy—dan satu saudara laki-laki, Alexander.

Sebagai anak laki-laki, dia bersekolah di Truro dan cukup atlet, berkompetisi dalam acara rugby, squash, dan trek tetapi menolak tawaran beasiswa pada usia 17 tahun untuk pergi ke London, dengan pendidikan lebih lanjut di Cambridge, karena dia tidak menginginkan gelar. karir di bidang kedokteran tetapi, untungnya bagi kita semua, dalam akting. Dia juga terinspirasi oleh salah satu kepala sekolah, Cyril Wilkes, yang membuatnya membaca hampir semua hal, termasuk semua buku klasik. Wilkes akan membawa tiga atau empat anak laki-laki ke London untuk menonton drama.

Drama pertama yang pernah dilihat Robert adalah “Hamlet” pada tahun 1944 dengan Sir John Gielgud di Haymarket. Robert pergi ke Royal Academy of Dramatic Arts dengan warisan £1.000 dari neneknya. Dia melanjutkan dari Akademi, setelah dua tahun (1946-1948) ke Stratford-on-Avon, di mana dia diarahkan oleh Gielgud, yang berkata kepada Shaw, “Saya mengagumi Anda dan berpikir Anda memiliki banyak kemampuan, dan aku ingin membantumu, tapi kau membuatku sangat gugup.” Dia kemudian melakukan debut panggung profesionalnya pada tahun 1949 dan melakukan tur Australia pada tahun yang sama dengan Old Vic.

Dia telah bergabung dengan Old Vic atas undangan Tyrone Guthrie, yang mengarahkannya sebagai Adipati Suffolk di “Henry VIII” di Stratford. Dia hanya memainkan peran Shakespeare yang lebih rendah, Cassio di “Othello” dan Lysander di “A Midsummer Night’s Dream” dan melakukan tur Eropa dan Afrika Selatan dengan perusahaan. Shaw dijual di Shakespeare dan mengira itu akan menjadi kehidupan teatrikalnya pada tahap itu. Dia ditemukan saat tampil di “Much Ado About Nothing” pada tahun 1950 di Stratford oleh Sir Alec Guinness, yang menyarankan agar dia datang ke London untuk melakukan Hamlet bersamanya.

Dia kemudian melanjutkan ke peran film pertamanya, bagian yang sangat kecil dalam film klasik The Lavender Hill Mob (1951) dengan Guinness tetapi tetap merupakan permulaan. Pada saat itulah dia menikahi istri pertamanya, Jennifer Bourne, seorang aktris yang dia temui saat bekerja di Old Vic, dan menikahinya di Sallsbury, Rhodesia Selatan, pada tanggal 1 Agustus 1952. Bersama-sama mereka akan memiliki empat anak perempuan: Deborah, Penny, Rachel dan Katherine.

Dia juga muncul sebentar di The Dam Busters (1955) dan melakukan produksi London “Tiger at the Gates” pada Juni 1955 sebagai Topman. Dia juga akan membuat “Bukit di Korea” sekitar waktu itu dan kemudian, setelah mengambil beberapa pekerjaan sebagai aktor yang berjuang dan untuk menghidupi keluarganya yang sedang tumbuh, dia akan berperan agen sbobet88 terpercaya sebagai Dan Tempest di The Buccaneers (1956). Shaw tidak menganggap serius perannya tetapi menghasilkan £ 10.000 untuk pekerjaan delapan bulan. Sekitar waktu itulah dia menulis novel pertamanya, “The Hiding Place.” Itu sukses, terjual 12.000 eksemplar di Inggris dan hampir sama di Prancis dan di Amerika Serikat.

Dia juga menulis dramatisasinya yang diproduksi di televisi komersial di Inggris, dan Playhouse 90 (1956) menayangkan dramatisasi berbeda di Amerika. Sekitar tahun 1959, ia terlibat dengan aktris terkenal Mary Ure, yang saat itu menikah dengan aktor John Osborne. Dia memberikan nomor teleponnya pada suatu malam pukul 3 pagi saat mengunjungi pasangan itu, dan dia meneleponnya keesokan harinya. Saat itulah, pada tahun 1960, Robert Shaw menjadi reporter untuk majalah Queen Inggris dan meliput Olimpiade di Roma.

Shaw dan Ure berakting bersama Middleton’s The Changeling di Teater Royal Court di London pada tahun 1961. Dia berperan sebagai pelayan jelek yang jatuh cinta dengan nyonya rumah, yang membujuknya untuk membunuh tunangannya. Shaw dan Ure memiliki seorang anak pada tanggal 31 Agustus meskipun mereka masih menikah dengan pasangan mereka yang lain. Istrinya, Jennifer, dan Ure memiliki anak hanya dalam beberapa minggu terpisah satu sama lain.

Ure menceraikan Osborne dan menikahi Shaw pada April 1963. Pasangan itu sering dikutip oleh pers sebagai “sangat saling mencintai”, dan mereka akan memiliki empat anak bersama: Colin, Elizabeth, Hannah, dan Ian. Pada tahun yang sama, setelah membuat dua film berikutnya, The Valiant (1962) dan The Guest (1963), dia membuat From Russia with Love (1963) dan tak terlupakan sebagai pembunuh berambut pirang, Donald ‘Red’ Grant.